Label

Rabu, 23 Maret 2016

Biografi Zacharias Janssen — Penemu Pertama Mikroskop

Posted by Damar Saloka Anggoro


Zacharias Janssen lahir pada tahun 1580 di negeri Belanda, dan meninggal pada tahun 1638. Zacharias Janssen adalah tokoh besar yang berpengaruh terhadap perkembangan ilmu pengetahuan. Beliau adalah penemu pertama mikroskop, alat untuk melihat bendar-benda yang ukurannya sangat kecil (mikro). Dengan adanya mikroskop banyak para ilmuan lain terbantu dengannya dan bisa dikatakan Zacharias Janssen membuka jendela ilmu pengetahuan.

Pada 1590 Zacharias Janssen bersama ayahnya berhasil menciptakan sebuah mikroskop dengan dilengkapi lensa cekung dan cembung untuk bisa menlihat fokus pada objek yang sangat kecil. 



Pada 1668 seorang berkebangsaan Italia bernama Campini menyempurnakan menakisme fokus pada mikroskop yang sebelumnya sudah dirintis oleh Zacharias Janssen.

Pada 1610 seorang ilmuan lain yang juga menjadi orang besar yaitu Galileo Gallilei juga menciptakan sebuah mikroskop yang sebelumnya sudah tercipta. Namun Gallileo mengklaim bahwa mikroskop ciptaannya adalah yang pertama. Mikroskop Galileo adalah nama yang diberikan untuk ciptaannya tersebut. Mikroskop Galileo menggunakan lensa optik, sehingga disebut juga sebagai mikroskop optik.


Seorang ilmuan lain, berkebangsaan Belanda, Antony Van Leeuwenhoekmenyempurnakan kembali mekanisme pembesaran pada mikroskop. Antony Van Leeuwenhoek adalah seorang ilmuan mikrobiologis, beliau sangat terinspirasi dengan benda-benda super kecil yang dapat bergerak yang kasat mata yang ia sebut dengan istilah animalcule.Pada 1660 terciptalah mikroskop dengan pembesaran sebanyak 770 kali. 





Dengan tercipta dan tersempurnakannya mikroskop oleh banyak ilmuan, Zacharias Janssen tetaplah menjadi penemu mikroskop yang pertama dan membuka era perkembangan teknologi mikroskop bagi ilmuan-ilmuan lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar