Label

Rabu, 23 Maret 2016

Biografi Wright Bersaudara — Penemu Pesawat Terbang



Wright Bersaudara adalah Orville Wright (19 Agustus 1871 - 30 Januari 1948) danWilbur Wright (16 April 1867 - 30 Mei 1912). Mereka adalah kakak beradik dan seorang warga negara Amerika. Wright Bersaudara adalah penemu pesawat terbang dan juga menjadi penerbang pertama kali yang berhasil mengendalikan sebuah pesawat terbang pada 17 Desember 1903. Wright Bersaudara bukanlah orang pertama yang merancang mesin pesawat namun dari merekalah tercipta pesawat yang benar-benar bisa terbang. Kakak beradik tersebutlah pelopor dirgantara dunia. 

Orville Wright
Wilbur Wright

Penemuan pesawat terbang dimulai dari penemuan 'kontrol tiga sumbu' yang digunakan oleh semua pesawat terbang pada saat sekarang. Mereka memperoleh keahlian mekanik tersebut dari bekerja di toko mereka yang penuh dengan mesin cetak, sepeda, motor dan mesin lainnya. Dari sepeda mereka mendapat gagasan bahwa pesawat terbang yang tidak stabil dapat dikendalikan dengan latihan.

Toko sepeda di Dayton, Ohio

Wright Bersaudara bukanlah orang yang cerdas. Orville bahkan pernah dikeluarkan dari sekolah. Tahun 1878 mereka pernah diberi mainan oleh ayahnya yaitu maninan helikopter yang terbuat dari bambu dan baling-balingnya dari karet. Wright bersaudara memainkannya hingga rusak lalu merekapun memuat mainan yang mirip dengan tangan mereka sendiri. Dari sinilah ketertarikan Wright Bersaudara terhadap benda terbang mulai terbentuk.

Mereka mulai mempelajari masalah penerbangan pada tahun 1889. Kemudian mereka mulai membuat tiga pesawat terbang layang bersayap kembar. Ketiganya dites di pantaiKitty Hawk, North Carolina. Pesawat yang ketiga telah diujinya sebanyak 1000 kali penerbangan dan ternyata berhasil dengan sukses. Kemudian mereka membuat mesin motor ringan. Mesin tersebut di pasang di pesawatnya yang keempat, yang dinamakannyaWright Flyer.

Orville dan Wilbur sedang bercakap saat pembuatan Wright Flyer

Penerbangan pada pesawat keempat, Wright flyer

Pada 17 Desember 1903 Wright Bersaudara menerbangkan untuk pertama kalinya pesawat udara berkendali sejauh empat mil di dekat wilayah berbukit pasir di Kitty Hawk, North Carolina. 

Penerbangan tersebut merupakan penerbangan pesawat yang pertama dalam sejarah. Pesawat tersebut pada awalnya dinamai Wright Flyer, tetapi sekarang lebih populer dengan nama "Kitty Hawk". Pesawat Flyer yang asli kini terdapat di Museum Dirgantara di Washington DC,Amerika Serikat.

Kitty Hawk di Museum Dirgantara di Washington DC

Wright Bersaudara adalah penemu pesawat terbang yang mengajarkan kepada dunia bahwa besi yang berat bisa terbang itu mungkin.

Sumber: Biografi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar