Label

Rabu, 23 Maret 2016

Biografi William Harvey — Penemu Peredaran Darah


William Harvey lahir di Folkstone, Inggris pada 1578. Ia adalah seorang penemu pertama kali peredaran darah dan fungsi jantung.

Awal karir pendidikan William Harvey dimulai di Folkestone, di sana ia belajar bahasa Latin. Ia kemudian masuk ke Sekolah Raja (Canterbury). Harvey tinggal di Sekolah Raja selama lima tahun, setelah itu ia bergabung dengan Gonville dan Caius College di Cambridge pada 1593.

Harvey lulus sebagai Bachelor of Arts (BA) dari Caius pada tahun 1597. Dua tahun kemudian ia melanjutkan ke University of Padua di Italia. Dan pada 1602 ia lulus dan mendapat gelar Doctor of Medicine. Sekembalinya ke Inggris William Harvey bergabung dengan College of Physicians di London.

William Harvey menikah dengan anak seorang Fisikawan yang bernama Elizabeth Browne. Sepanjang hidupnya ia tidak dikaruniai anak.

Elizabeth Browne


Karir Harvey terus menanjak. Hingga pada 1609 Harvey menjadi seorang dokter di Rumah Sakit St.Bartholomew di London (1609-43) dan juga anggota Royal College of Physicians.

Pada 1628 William Harvey menulis sebuah buku berjudul "An Anatomical Treatise on the Movement of the Heart and Blood in Animals" (Gerak otomatis anatomi jantung dan darah binatang) yang menjadi cikal bakal fisiologi modern. Dalam buku tersebut dibahas mengenai bagaimana cara kerja tubuh, bukan bagaimana fungsi tubuh.



Harvey pertama-tama menyusun pendapat tentang sirkulasi darah itu dengan jalan membuat perhitungan secara arithmatik yang sederhana. Dia memperkirakan bahwa jumlah darah yang dipancarkan oleh tiap denyut jantung sekitar 2 ons. Karena jantung berdenyut 72 kali per menit, penjumlahannya dapat disimpulkan sekitar 540 pon darah dipancarkan tiap jam ke dalam aorta. Tetapi, jumlah yang 540 pon melebihi jumlah berat badan seorang manusia normal, bahkan jauh melebihi jumlah berat badan itu sendiri. Karena itu jelas buat Harvey bahwa darah yang sama secara tetap berputar lewat jantung. Sesudah merumuskan hipotesa ini, sembilan tahun lamanya dia pergunakan untuk melakukan percobaan-percobaan dan melakukan penyelidikan teliti untuk menentukan perincian peredaran darah.

peredaran darah


Dalam bukunya, Harvey menyatakan bahwa arteri membawa darah dari jantung sedangkan vena membawa darah kembali ke jantung. Karena ketiadaan mikroskop, Harvey tidak dapat melihat kapiler, urat darah terkecil yang membawa darah dari arteri terkecil ke vena, tetapi dengan persis dia menyimpulkan adanya itu. (Kapiler diketemukan oleh biolog Itali Malpighi, beberapa tahun sesudah kematian Harvey). Harvey juga menandaskan bahwa fungsi jantung ialah memompa darah ke dalam arteri.

Pada 1651 William Harvey menerbitkan sebuah buku berjudul "On the Generation of Animals" (Tentang generasi dunia binatang) yang menunjukkan permulaan yang sesungguhnya bidang ilmu embriologi. Ia mendukung teori Aristoteles bahwa embrio terbentuk secara berangsur-angsur dan tak memiliki ciri-ciri dewasa dalam tahap awal.

Semasa karirnya William Harvey banyak mendapat kritik atas teori-teori yang ia ciptakan, namun pada akhirnya teori yang ia kemukanan itu adalah benar di kemudian hari. Dan sampai sekarang dia dikenal sebagai penemu sistem peredaran darah dan fungsi jantung.


William Harvey meninggal pada 1654 di umur 76.

Sumber: Biografi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar